Rumah Soto Banjar Belitung di Jalan Kalpataru, Malang (Review)

Rumah Soto Banjar Belitung

Rumah Soto Banjar Belitung
Jalan Kalpataru, Malang (sebelah toko gudang kamera)
Buka: 07.00 – 16.00 (Senin Tutup)
Menu: soto, bubur, nasi kuning, es kacang
Harga: 3.000- 21.000

Rumah makan yang mempunyai nama ‘Rumah Soto Banjar Belitung’ terletak di wilayah jalan Kalpataru yang memanjang dari belokan Suhat hingga perempatan jalan Melati-Kedawung-Cengger Ayam. Lokasi persisnya diantara jalan Tapak Liman serta Tapak Doro atau terusan keluar dari jalan Kendalsari dari cafe yang cukup yang terkenal di daerah situ yaitu Roketo’.

Tampak depan Rumah Soto Banjar Belitung

Tempatnya cukup mudah dicari dan berada di kawasan yang tempat kongkow banyak Mahasiswa-mahasiswi nya, karena jajaran jajanan dari mulai warkop, cafe, tempat ngopi hingga pujasera memang bererot disana. Apa beda warkop sama tempat kopi? Kalau warkop identik menunya buryam, burjo hingga mie instan nah tempat ngopi biasanya kadang bisa agak western menu nya walau harga masih bersahabat dibawah cafe. Walau katanya cafe-cafe di Malang gak semahal ibukota masih under 40K lah dan warung ngopi harga kopinya pun under 30K tapi dibuat sama barista yang rasanya bersaing dengan cafe besar, nah klo warkop baru kopinya sachetan dengan harga under 10K. Aaah kok jadi bahas jajanan ngopi yah bukan sesuai judul, ketauan ga fokus hahaha. Tapi memang Malang banyak bener tempat ngopinya, nanti buat review sendiri deh. Oke back to Rumah Soto Banjar Belitung.

Suasana dapur dengan ketupat raksasanya

Seperti namanya konsep tempat makan ini memang hommy dan lapak digelar di sebuah garasi rumah. Dari luar terdapat gerobak kayu berselebahan dengan sebuah meja panjang, kemudian ketika masuk furniturenya berbahan kayu dengan kursi kayunya lalu terdapat dua space dapur. Dapur yang memanjang merupakan dapur olahan masakan dimana terdapat ketupat-ketupat ukuran jumbo dipajang disana kemudian dapur yang berbentuk kotak terdapat dispenser air merupakan bagian dapur olahan minuman. Sedangkan kasir berada di dalam sebelah dapur panjang yang dijaga langsung oleh pasutri yang merupakan owner dari rumah makan ini. Oh ya tempat ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore hanya tuk bubur dan nasi kuning biasanya hanya sampai jam 12an setelah itu habis, namun tiap Senin mereka tutup. Oke itu sekilas view dari rumah makan Rumah Soto Banjar Belitung, sekarang kita bahas menu masakannya yah.

Daftar Menu Rumah Soto Banjar Belitung

Menu masakannya terdiri dari tentunya Soto Banjar, Soto Belitung, kemudian ada Bubur Ayam Gurih dan juga Nasi Kuning. Nah tuk pilihan minumannya ada dari Teh baik tawar maupun manis bisa juga hangat maupun dingin, lalu ada teh tarik hangat/dingin, jeruk hangat/dingin, serta ada es kacang merah dan kadang ada susu kedelai nya. Okay, sekarang kita bahas satu-satu menu yang ditawarkan yah.

Soto Banjar

Soto Banjar, soto ayam bening

Soto Banjar merupakan sejenis soto ayam berkuah bening kekuningan, di Rumah Soto Banjar Belitung ini isian rawihan dari Soto Banjar nya terdiri dari rawihan daging ayam, toge, bihun, potongan telur, perkedel dan ditabur sedikit daun bawang seledri serta bawang goreng kemudian ditemani dengan potongan jeruk nipis. Soto disini bisa request mau pakai ketupat atau nasi tapi harus bilang diawal yah, dan terdapat dua ukuran porsi tuk yang biasa dibandrol 14K dan porsi jumbo 17K. Tuk rasa bagi saya standar dengan soto kuah kuning biasanya dan klo saya soto suka dengan kucuran jeruk serta sambal yang pedas jadi makannya berasa kicknya. Nilai Soto Banjar nya saya kasih 7 aja yah secara rasa bumbu dan gurihnya pas dan rawihan ayamnya pas sesuai porsi, tuk yang tidak terlalu lapar porsi biasa cukuplah apalagi tuk perut kaum hawa macam saya, tapi tuk ukuran perut kaum adam porsi biasa agak kurang nendang bagi yang memang biasa makan dengan porsi berlebih.

Soto Belitung

Soto Belitung, soto daging berkuah santan

Soto Belitung merupakan jenis soto daging berkuah santan dengan kekentalan kategori sedang. Isian dari Soto Belitung nya yaitu rawihan daging sapi, potongan sayur wortel serta kentang juga tomat kemudian diberi taburan daun bawang seledri serta bawang goreng lalu ada empingnya. Sama seperti Soto Banjar tuk Soto Belitung boleh request juga mau pakai karbo ketupat atau nasi. Porsi standard dibandrol 17K sedangkan porsi jumbo nya 21K. Oh ya terkadang ada juga yang minta Soto Banjar yang harusnya isinya rawihan ayam jadi daging sapi begitupun dengan Soto Belitung rawihan daging sapi bisa diganti ayam. Rasa dari Soto Belitung ini mirip soto Betawi namun beda isiannya di wortel saja, soto berkuah santan ini cukup ringan dan bumbunya pun pas di lidah cuma kalau bagi saya yang terbiasa kalau soto berkuah santan ada acar menemani tapi mungkin kalau SOP dari Soto Belitung tidak ada acar pada resepnya. Soto Belitung nya pun saya beri nilai 7 saja yah.

Bubur Gurih

Bubur Gurih Komplit, bubur ayam jamur

Nah walau nama rumah makan memakai nama Rumah Soto Banjar Belitung namun juaranya malah saya temukan di Bubur Gurih nya. Bubur Gurih merupakan bubur ayam dengan rasa gurihnya si bubur dari santan, jadi buburnya sendiri rasanya sudah gurih. Isian dari bubur gurih ini terdiri dari bubur, rawihan ayam putih, rawihan ayam jamur manis kecap, potongan chistick, taburan daun bawang. Tuk Bubur Gurih ada tiga tipe Bubur Gurih yaitu Bubur Guri Ori dibandrol 11K sedangkan Bubur Gurih Jamur maupun Komplit dibandrol 14K, tuk Bubur Gurih Ori taburannya ayam putih, sedangkan Bubur Gurih Jamur yah taburanya ayam jamur berkecap manis dan Komplit keduanya. Saya lebih suka dan repeat order di Bubur Gurih Komplit nya. Tuk rasanya saya suka banged karena buburnya sudah ada rasanya yang dimasak dengan santan serta tingkat kekentalan buburnya pas tidak encer maupun terlalu kental, rawihan ayam putihnya halus, ayam jamurnya tingkat kemanisanya pas, menariknya bubur yang biasanya taburan kriuknya kerupuk ini kriuknya dikasih chistick dengan potongan kecil nilai plus dari saya tuk inovasinya.

Karena saya termasuk paham aliran makan bubur ayam tidak diaduk maka seneng banged nemu bubur ini dan kenapa saya selalu repeat order tuk menu Bubur Gurih Komplitnya karena tiap suapan saya bisa memilih mau suapan hanya pakai bubur+ayam putih tanpa kriuk, bubur+ayam+kriuk, atau bubur+ayam jamur dengan atau tanpa kriuk. Halah, riweh yah pola makannya tapi itulah kesenangan tersendiri dari makan bubur tidak diaduk…pilihan ada ditangan kita…eh kok brasa pemilu jadinya hahaha. Nilai plus makan bubur ga diaduk itu kriuk-kriuknya lebih tahan lama karena ga tenggelam ke dalam bubur, hehehe insight berlebih nih soal makan bubur ga diaduk.

Oke tuk harga Bubur Gurih Ori dibandrol 11K sedangkan Bubur Gurih Jamur dan Komplit nya dibandrol 13K. Karena saya dah cerita panjang kali lebar dan diawal juga ngomong juara masakan disini buat saya ya si Bubur Gurih ini, dan ternyata hasil investigasi lapangan awal jualannya menunya memang si Bubur ini baru kemudian dibuat menu Soto nya…tapi gak tau kenapa nama yang dipilih jadi si Soto, hehe. Oh ya pilihan mangkok si Bubur memakai mangkok agak tinggi membuat si bubur tidak cepat adem karena bubur ayam panas itu juga merupakan suatu kenikmatan tersendiri, dan adanya rawihan ayam+jamur yang biasanya jadi topping mie ayam malah diberikan ke bubur juga jadi nilai plus inovasi nya, wah udah plus plus nih yah pontennya. Maka Bubur Gurih ini saya kasih ponten 9 lah, monggo lah bisa jadi pilihan buat pecinta bubur semoga sih selera nya sama dengan saya..hehehe.

Nasi Kuning

Nasi Kuning Ayam Bumbu Rendang

Nasi kuning merupakan nasi gurih santan dengan kuningnya kunyit yah memang begitulah nasi kuning yah. Isian dari Nasi Kuning nya terdiri dari nasi kuning diberi taburan bawang goreng, bihun goreng berkecap, tuk proteinnya ada telur, ayam dan daging berbumbu rendang atau kalio yah lebih tepatnya. Tuk rasa dari nasi kuning santannya gurihnya pas, bihun gorengnya pun cukuplah nah tuk pilihan protein semua diberi bumbu rendang atau kalio yang sepertinya khas nasi kuning di Malang seperti ini tapi saya baru dua kali sih makan nasi kuning ditempat yang berbeda. Sayangya saya yang mapak terbiasa dengan nasi kuning Jakarta dengan rawihan komplit paling ga S-O-P biasanya ada kering tempe, bihun goreng, proteinnya biasanya antara tahu/tempe/jengkol semur (tapi saya bukan pecinta jengkol yah, hehe) itu protein nabatinya pilihan protein hewaninya pilihannya telor balado, ayam sangat jarang sekali utuhan biasanya rawihan saja, lalu ada lalapan potongan timun serta daun kemangi kemudian kerupuk merah. Nah begitu ketemu nasi kuning versi Malang ini kok jadi berasa kurang meriah ya, saya sedih huhuhuhu dan pemakaian protein dengan bumbu rendang juga buat saya mematikan rasa nasi kuningnya…bagi saya nasi kuning yah yang ditonjolin rasa nasi kuningnya proteinnya hanya pelengkap saja, jadi menu nasi kuning seperti ini agak kurang saya minati…maaf ya.

Tuk Nasi Kuning harganya tergantung dari jenis protein yang dipilih Nasi Kuning Telor 10K, Nasi Kuning Ayam utuh 14K, Nasi Kuning Daging 17K.

Bagi kamu yang tinggal di Malang atau lagi melancong dan suka hunting kuliner atau yang pengen nyari sarapan ataupun suka yang makanan berkuah mungkin bisa main ke daerah Kalpataru yah, mudah kok nemu tempatnya karena memang keliatan di pinggir jalan. Semoga sih selera kita sama yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *