Sekolah Alam : TK Alam Ar-Rayyan Malang

Akhirnya kami memutuskan untuk menyekolahkan Sarah (anak ke-3 Keluarga Sirkus) di sekolah alam. Kenapa Sarah jadi sekolah, bukannya homeschooling? banyak parameternya yang tidak bisa kami ulas di sini, tapi yang akan kami bahas di sini adalah sekolahnya 😉 yaitu sekolah alam TK Ar- Rayyan.

Sarah dan sekolah Alam TK Alam Ar Rayyan Malang
Sarah dan sekolah Alam TK Alam Ar Rayyan Malang

Kenapa Harus Sekolah Alam?

Banyak hal yang membuat kami sebagai orang tua, menyenangi sekolah alam. Sebelumnya Kaka Azmi-pun sekolah di Zaidan Educare, Bandung, yaitu sekolah ramah anak yang konsepnya kurang lebih juga sama dengan sekolah alam. Jadi sudah menjadi standard kami tipe sekolah yang diinginkan, minimal sama dengan Sekolah Zaidan Educare, Bandung. Nanti kami cerita sedikit juga deh tentang Zaidan Educare. 

Berikut beberapa kenapa kami memilih sekolah alam :

  • Mulai dari konsep belajar yang tidak memiliki PR. penting banget sekolah tanpa PR itu, sudah kebayang jenuhnya pelajaran di sekolah.. pulang bawa PR X(
  • Untuk TK kami memilih, tidak mempelajari baca, tulis, hitung. Kenapa? Karena kami ingin anak-anak mempunyai daya imajinasi yang tinggi (otak kanan) ketimbang harus memulai calistung. Paling tidak konsep calistung hanya berupa pengenalan seperti si anak diminta tuk mengambil lima buah tomat misalnya bukan dengan banyaknya tulisan huruf maupun angka.
  • Tidak ada pr, entah sekolah TK mana yang memulai mengadakan PR untuk anak TK, bayangkan. Jadi kami mencari yang tak ada PR.
  • Tempat bermain mendekati alam. Kebiasaannya adalah menyiram tanaman setiap pagi, karena anak-anak mempelihara pohon pilihannya.
  • Meningkatkan kemandirian dan keberanian anak secara signifikan, dengan berbagai acara seperti, market day, rihlah (perjalanan), pentas seni, hingga camping atau menginap di rumah warga di sebuah desa yang tanpa lampu.
  • Penjelasan tentang Allah dari sisi alam, ini amat sangat banyak di jelaskan di Alquran. Insyaallah mudah diterima oleh anak.
  • Sekolah yang luas dan terkadang sekolahnya pun mendekati ke alam alias rumah pohon :D. 

Sekolah TK Alam Ar-Rayyan Malang

Akhirnya kita memutuskan sekolah di TK Alam Ar-Rayyan Malang (daerah Soekarno Hatta dekat SMAN 7 Malang), karena memang paling mendekati kriteria yang kami inginkan. Yang penasaran, berikut penampakannya 😀

Sekolah Alam TK Alam Ar-Rayyan Malang
Sekolah Alam TK Alam Ar-Rayyan Malang

Seperti terlihat di foto dan bisa diintip juga via video singkat dibawah, sekolah TK Alam Ar Rayan ini berbentuk rumah panggung dan karena disekitarnya sangat rindang dengan berbagai macam pohon-pohon besar maka tampak seperti rumah pohon. Dibawah bangunan rumah kayu tersebut dibelakang ada sebuah kolam yang lumayan cukup puas tuk bermain air. Kelas-kelasnya sesuai tingkatan dari bangunan rumah kayu tersebut, tingkat pertama dibawah merupakan kelas kelompok bermain (KB/Playgroup) ada KB kecil dan besar, lalu tingkat kedua merupakan kelas TK A plus ada ruang komputernya dan paling atas tingkat ketiga merupakan TK B. Tiap tingkat dipenuhi dengan beragam mainan mulai dari balok, robot, angklung, kitchen set dari kardus, permainan jadul pun ada, juga ada tuk boneka panggung yah pokoknya meriah seperti TK lainnya yang juga dipenuhi tempelan karya-karya craftingnya. 

Sekolah ALam TK Ar-Rayyan Malang

Halaman sekitar sekolah yang sangat rindang jadi terasa sejuk, hampir semua sudut halaman ada beraneka ragam permainan mulai dari yang standard perosotan, ayunan, kemudian palang panjat, spider web, ring basket dan lain-lain sepertinya cukup komplit permainan wahana outdoor tuk melatih motorik kasar anak. Di dinding halaman terlihat ada beberapa lukisan disana, nah ternyata itu saat ada lomba melukis bersama orangtuanya. Jadi nanti orangtua akan ada hari kebersamaan bersama anak-anak disekolah, ikut sekolah ada Mothers Day dan Fathers Day orangtua seharian membersamai kegiatan disana. Ada juga saat bergiliran orangtua memasak tuk satu sekolah lauk dan sayurnya, tuk nasi dan buah disediakan dari sekolah, gunanya tuk mengenalkan masakan rumah yang biasa si anak makan kepada teman-temannya dan bila masakan si ibu enak mendapat pujian dari kawan jadi bisa membentuk suatu kebanggaan tersendiri terhadap ibunya. Whuhehehe mudah-mudahan Ummi bisa nyuguhin yang dianggap enak sama semuanya nih, hihihi.

Biaya Sekolah Alam TK Ar-Rayyan

Biaya sekolah alam, biasanya M.A.H.A.L Jendral 😀

itu yang menjadi kelemahan untuk mendapatkan sekolah idealis hehehe.. untuk sebuah TK, minimal harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit pastinya, silakan cek detailnya di bawah sini.

Biaya Sekolah Alam TK Ar Rayyan Malang
Biaya Sekolah Alam TK Ar Rayyan Malang

Untuk pembayaran biaya sumbangan pembangunan bisa dicicil selama 3 bulan, diawal dibayarkan 40%, lalu 30% dan 30% berikutnya. Jadi tuk pembayaran awal masuk 40% sumbangan pembangun + uang formulir + seragam sekolah + peralatan sekolah. SPP ini sudah termasuk snack dan juga makan siang, untuk snack biasanya disuguhkan dua macam kue basah ada yang asin dan manis di hari Jumat dan Sabtu biasanya snacknya ringan berupa keripik-keripik ini pun juga disediakan dua macam rasa. Kenapa uang peralatan sekolah karena semua kebutuhannya sudah disiapkan disekolah seperti pensil, crayon, penghapus dan lain-lain juga modul belajarnya, jadi sebenarnya nanti Sarah ke sekolah cuma bawa tas isinya botol minum saja bila isinya habis pun bisa refil disana. Oh paling di hari Senin membawa mukena tuk shalat Duha bersama lalu nanti disimpan disekolah baru Jumat dibawa pulang tuk dicuci dulu biar harum dan bersih.

Insyaallah Sarah akan masuk akhir bulan November ini . Pastinya, kita akan membuat video-video khusus buat Sarah dengan TK Ar Rayyan, tunggu aja di posting selanjutnya ya ;), 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *