Pasar Kaget Mingguan di Teluk Grajakan, Malang

Pemandangan pagi ketika mau ke pasar Ahad di sekitar Plaosan hingga Teluk Grajakan, foto diambil jam 6 pagi matahari disini sudah gak malu-malu tampil lebih awal.

Tukang ayam langganan yang berada di depan Taman Grajakan, si Mas ga pandai ngitung suka salah terus. Ibu-ibu jadi seneng jailinnya, salah satu penjual mengapresiasi saya kalau beli pake wadah.

View di Taman Teluk Grajakan, spot jadi lahan parkir motor yang ngaji Subuhan tiap Ahad. Diatas langit taman lagi banyak burung beterbangan mungkin karena tepat dibawah ada penjual buah disana, burungnya ngincar makanan kali yah?

Nah ini tampak depan Taman Grajakan, dipenuhi parkiran motor dan mobil juga penjual di pinggir jalan tiap Ahad pagi

Penjual ikan langganan juga, seperti ini yang paling komplit diantara yang lain dan ikannya cukup segar. Pernah beli kepiting kecil disini trus kena capit hihihi dan saya yang biasa pakai wadah plastik suka dinyinyirin ‘Wes repot mba’ walau ya dilayani juga.

Ada penjual buah musiman juga, duren udah pasti diburu sama emak-emak deh.

Inilah Masjid yang buat kajian Ba’da Subuh tiap Ahad dengan jamaah yang seluas samudra, masjidnya kecil bahkan saya masih belum ngeh namanya apa. Kadang kajian memakai bahasa Jawa dan saya pun roaming hahaha.

Salah satu gang jalan-jalan yang dipenuhi jamaah yang ngampar gelar tikar, sajadah atau apapun digunakan sebagai alas. Jamaah menyebar diantara gang jalan, beberapa rumah pun membuka pintu pagarnya tuk ditempati jamaah.

Keadaan saat kajian usia, jamaahnya kemungkinan bisa jadi ada kayanya hingga 400-500an orang. Sayang high angle dari orang yang tubuhnya mungil jadi kurang greget fotonya, gak terlalu keliatan crowd nya ?.

Pemandangan setelah beres kajian, terkadang jadi ajang silaturahmi bertegur sapa walau dalam keadaan yang ga memungkinkan hehehe. Jalan jadi macet karena motor-mobil yang parkir mulai keluar ke jalan dan beberapa sudut masih ramai pertemuan kecil juga jamaah yang berbelanja sepulang ngaji.

Pak Iman penjual mainan yang berada di Taman Grajakan, langganannya Azmi tuk membeli clay. Satu-satunya penjual yang saya kenal nama dan tau nomer hp nya, hihihi. Bapak ini sangat jujur, pernah saya pesan clay diantar dirumah. Jadi per pack clay khusus tuk Azmi diberi harga 24ribu sedangkan per satuan biasanya dihargai 4ribu, 1 pack isi 12 harusnya kan capai 40an klo ambil satu pack yah tapi harga bandrol 30an lalu ke Azmi malah jadi 24 ribu hihihi.

Salah satu gang kecil yang biasa dijadikan parkiran motor, ini jalan terobos dari rumah ke jalan Plaosan. Biasanya motor datang diparkir sembarang sama si empunya lalu sama warga sekitar situ diatur dengan posisi sejajar kepala menghadap satu sisi yang sama tapi sayangnya ga bisa hadap kiblat jadi motornya kurang soleh/soleha hehehe apa sih.

Tukang sate langganan, nah baru disini tiap Ahad jadinya sarapan sate ayam hahaha. Karena di pasar Ahad ini bertebaran tukang satenya, harganya murah 1 porsi 11ribu saja tapi rasa bumbu kacangnya juara mungkin karena dekat dengan Madura kali yah. Eh tapi pernah beli sate yang jualan di warung agak besar gitu harga 16ribu tapi bumbu kacangnya kurang greget gak kaya yang gerobakan gini.

Khas Jawa Timur yah Banser nya, hehehe. Mereka selalu standby saat pasar Ahad ini mengamankan beberapa titik yang mungkin kadang masih lewat motor atau bahkan mobil, memang titik masuk dari arah belokan Grajakan ke Pandanwangi ditutup begitupun dari lampu merah Plaosan depan namun tak jarang yah beberapa mobil dan motor masih suka terobos jalan.

Hasil protein belanja pada hari itu, berusaha diet plastik dengan membawa wadah plastik walau beberapa belanjaan masih dikasih plastik juga tapi dengan gini InsyaAllah mengurangi. Ini stok protein tuk satu minggu

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *