Bunga Yang Terjebak Es

Selama masa era #newnormal dengan keseharian #dirumahaja, momen keluar walau sekedar melemaskan kaki, berjalan di pagi hari merupakan layaknya jejak petualang menjelajah tiap sudut belokan tiap lekukan jalan maupun dijalan yang lurus, menjadikan rasanya sayang momen tersebut disia-siakan, hari itu Ummi inisiatif mau ngumpulin bunga yang dilewati selama jalan pagi kali ini. Memang sebelumnya sekilas melihat ada postingan wong londo yang membekukan bunga di cangkang telur, suatu hal yang mudah dilakukan nih. Berbekal sehelai kantong plastik biru, jalan pagi kali ini sambil hunting bunga liar jadinya.

Bahan yang dibutuhkan

  1. Bunga
  2. Air
  3. Cetakan bisa cangkang telur, cetakan agar, wadah plastik

Wong londo memakai cangkang telur namun yang masih bisa membentuk cetakan bulat seperti telur, sedangkan Ummi hanya punya cangkang yang terbelah. Tapi tak apa percobaan pertama intinya just do it kaya jargon nya si sepatu centang.

Oh ya Ummi hanya mengambil bunga-bunga liar dan beberapa bunga yang berada di tanah umum bukan milik seseorang dan kadang ambil yang terlihat rumahnya kosong tapi bertebaran bunga cantik di depannya. Lumayan jalan-jalan pagi kali itu mendapat 4500 langkah setara dengan 2 kilometer an.

Hasil mulung bunga

Hasil mulung bunga

Langkah-langkah Pembuatan

Caranya hanya perlu merangkai si bunga sesuai selera tuk di aplikasikan ke cetakan lalu beri air dan masukkan ke freezer kulkas, tunggu kurang lebih 2-3 jam tergantung besarnya cetakan hingga mereka membeku menjadi es. Lalu keluarkan perlahan, nah enaknya kalau pakai cangkang telur si cangkang bisa kita hancurkan seperti mengupas telur rebus..eh cangkang jangan langsung dibuang yah bisa di taro di pot-pot tanaman karena mengandung kapur berguna buat tanaman kaya pupuk alami gitu deh…just for you know dan mengembalikan ke tempat asalnya.

Oh ya tips pastikan cetakannya dalam keadaan bersih ya dan juga sepertinya harus menggunakan air yang jernih biar ketika jadi es its cristal clear alias bersih ga ada penggumpalan air yang memutih.

Jadinya seperti ini gaes,

Ini hasil yang memakai cangkang telur, karena saya memakai air keran yang mungkin ada zat kapur nya atau apalah, jadi dibagian depan yang saat di taruh di lemari es jadi bagian yang paling bawah menjad ada penumpukan sedimen jadilah ia jadi agak memutih. Next kalau mau bikin lagi nanti saya coba pakai air yang matang deh apakah jadi lebih jernih. Ini bisa jadi bahan eksperimen foto yang cukup seksi nih buat yang suka motret :).

Nah, kalau yang ini pakai cetakan plastik bekas kemarin beli cemilan apa gitu saya lupa. Enak kalau pakai cetakan bahan plastik mika gitu lebih mudah di lepasnya karena lebih elastis tuk didorong keluarnya, mungkin juga pakai cetakan coklat yang aneka bentuk juga makin menarik yah.

Oh ya dulu, saya juga pernah main membekukan es seperti ini tapi karena tuk krucil jadi menggunakan action figure seperti dinosaurus, hewan-hewan dan lain-lain bisa juga jadi buat bahan eksplorasi bermain di masa lockdown yah ayah bunda. Mengenalkan perubahan bentuk cair ke padat lalu mengamati perubahan dari padat ke cair. Bisa juga dibentuk sedemikian rupa dengan beragam diorama, seperti kehidupan laut atau mungkin bila punya dinosaurus seperti jadi penemu fosil yang terperangkap es atau juga misi penyelamatan para superheroes yang dimiliki dan lain sebagainya.

Semoga bisa jadi bisa bahan eksperimen yang menyenangkan dirumah yah. Tetap stay at home nya dibuat fun buat krucil yah, hang on there dan berdoa selalu agar semua bisa cepat kembali normal. Memeluk erat para pejuang rebahan seperti kalian, hihihi. Aamiin ya Rabbal Alaamiin.

Beberapa Foto Yang Dibuang Sayang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *