Festival Anak Bertanya 2016 (review)

https://youtu.be/_dKydKJE5Vc

Tiga tahun lalu Keluarga Sirkus datang ke Festival Anak Bertanya yang seru banged ketika masih di Bandung, festival ini cocok buat anak-anak yang senang eksplorasi dan mempunyai segudang pertanyaan tentang sekelilingnya. Ini merupakan festival tahunan dan sepertinya saya lihat tahun ini akan diadakan di tanggal 28 Juli 2019 ber tempat di lokasi yang sama juga tiap tahunnya yaitu gedung Sabuga yang berada dekat dengan bonbin Bandung.

Saya agak lupa apakah ada tiket masuk atau tidak yah? Tapi kalau pun ada paling kisaran 15ribu an klo tidak salah, hihi maaf yah.

Apa aja sih yang bisa kamu temuin disana?

Kalau menurut pantuan Keluarga Sirkus yang datang tiga tahun lalu, di festival ini memberikan beragam ilmu baik dari belajar lingkungan, teknologi, profesi, luar angkasa, robot, pesawat, proyek sains, musik, bahkan ada cooking class dan lain sebagainya. Tapi ini semua tergantung dari stand-stand yang ikut serta dalam festival ini yang beberapa merupakan sanggar ataupun lembaga kursus yang secara tidak langsung sebagai ajang marketing mereka namun ada juga dari perwakilan fakultas maupun lembaga profesi seperti pemadam kebakaran yang memberikan edukasi tentang tugas mereka waktu itu bahkan ada mobil pemadam kebakaran yang diparkir diluar ruangan. Bahkan ruang auditorium Sabuga dipakai tuk menyuguhkan beberapa tayangan atau atraksi edukasi, nah tuk yang ini berbayar.

Cocok tuk anak usia berapa?

Sebenarnya anak dari usia 3 tahun sudah cukup bisa menikmati beberapa permainan dari stand yang ada, karena ada beberapa robot yang bisa dimainkan namun harap bersabar karena mainnya bergantian. Dan ada juga beberapa sesi pembacaan dongeng, lomba mewarnai, cooking class dan lain sebagainya, beberapa gratis dan ada pula yang berbayar.

Nah tuk anak yang sudah bisa membaca dan menulis sebenarnya ketika masuk diberikan challenge yaitu tugas me wawancara beberapa stand atas apa pesan yang ingin disampaikan. Menurut saya ini cukup seru juga, namun saya lupa apakah ada reward atau semacamnya bila menyelesaikan tugas? Maklum dah lama juga.

Saran

Rasanya tiap tahun acara ini sangat amat padat peminatnya, rasanya kalau saya gak salah ingat pernah diadakan selama dua hari namun kalau liat jadwal tuk tahun ini hanya satu hari. Maka, lebih baik lihat jadwal kegiatan yang ada di Festival Anak Bertanya bisa kamu cek di web https://festival.anakbertanya.com/ ataupun FB nya https://www.facebook.com/FestivalAnakbertanya/.

Kenapa, biar fokus dan goal apa yang mau dicari bisa didapatkan. Jangan buat target goal terlalu banyak yah minimal sudah bisa nikmati sesi tanya jawab yang nyaman lebih dari 10 stand itu sudah cukup menurut saya. Dan perhatikan juga stand apa yang mungkin menarik tapi belum sempat dikunjungi tahun ini jadikan goal tuk kunjungan tahun berikutnya.

Dan datang pagi-pagi sekali is a must, yah sambil menikmati CFD dulu di Dago sambil sarapan baru kemudian ke Sabuga jalan kaki ataupun naik delman yang bertebaran disana bisa jadi pilihan yang bisa berkesan tuk anak-anak.

Yang penting pastikan anak happy disana yah usahakan datang dalam keadaan kenyang biar gak kabitaan dengan jajanan yang betebaran karena belinya antri mengular hihihi, jangan sampai mereka malah jadi bete karena kurang bersabar dengan antrian yang mengular karena bila mereka happy InsyaAllah mereka bisa terinspirasi dengan yang mereka lihat saat itu. Yah ini kan memang acara tuk anak-anak, kita orangtua hanya mendampingi dan menemani rasa ingin tahu mereka yang mungkin bisa terwakili lewat festival ini.

Duh, jadi kangen Bandung pengen datang ke acara ini deh. Mudah-mudahan acara seperti ini bisa diadakan juga di kota-kota lain se Indonesia. Atau apakah EO dari Festival Anak Bertanya harusnya ngadain Road Show yah, se Jawa dulu deh. Eh ngatur hehe, acara bagus sayang soalnya kalau hanya dinikmati segelintir anak saja. Efek sedih karena Malang minim acara anak-anak niih, huhuhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *